RILIS SURVEI ONLINE 20 APRIL 2022

AKSES MEDIA DAN PERILAKU DIGITAL


RILIS SURVEI ONLINE 20 APRIL 2022

AKSES MEDIA DAN PERILAKU DIGITAL

PENGANTAR
  • Jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir. Data survei nasional Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa setidaknya sejak Januari 2015 jumlah pengguna internet meningkat dari 22.1% menjadi 71% pada Januari 2021 di kalangan warga berusia di atas 17 tahun. Jumlah ini diperkirakan lebih besar lagi jika mengikutsertakan mereka yang lebih muda.
  • Seiring dengan makin luasnya penggunaan internet di Indonesia, peluang bisnis digital juga terbuka lebar. Perdagangan secara online dan berbagai varian layanan keuangan secara online dengan cepat menjamur. Bisnis digital menjadi menarik dan berprospek positif. Salah satu yang spektakuler adalah bergabungnya dua perusahaan besar Gojek dan Tokopedia menjadi satu entitas GoTo dan melakukan IPO pada April 2022 ini.
  • Akan tetapi, di sisi lain, kasus penipuan online juga banyak terjadi, antara lain kasus pinjaman online yang sangat merugikan warga. Warga menjadi korban penipuan dengan harus membayar uang dalam jumlah yang jauh lebih besar.
  • Dalam kondisi ini, menjadi pertanyaan bagaimana perilaku digital warga saat ini. Selain mengetahui media yang mereka akses lebih sering, penting untuk mengetahui bagaimana perilaku belanja online warga serta pengetahuan mereka terhadap berbagai produk keuangan digital.
  • Survei Indikator Politik Indonesia saat ini bertujuan untuk memotret perilaku digital warga terkini. Sejumlah pertanyaan tentang akses media, belanja online, perbankan digital, dompet digital, dan pinjaman online ditanyakan kepada responden di 34 provinsi di Indonesia.
  • Survei juga menanyakan data demografi warga sehingga dapat dibuat pemetaan tentang kelompok warga mana yang lebih tahu dan punya pengalaman interaksi digital tersebut.
  • Hasil survei diharapkan dapat memberi gambaran tentang perilaku digital warga saat ini pada topik-topik yang ditanyakan tersebut.

DOWNLOAD Rilis lengkapnya disini: [Rilis Survei Online Feb-Mar 2022] Akses Media & Perilaku Digital_Apr 2022