http://www.indikator.co.id/uploads/20190403174806.Slide1.PNG


Pemilu tinggal dua minggu lagi. Bagaimana peta elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden serta elektabilitas partai-partai jelang pemilu? Faktor-faktor apa saja yang menjelaskan elektabilitas paslon?

Pada umumnya semakin dekat pemilu, semakin mengecil jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters). Karena itu, penting untuk menjawab seberapa besar proporsi undecided voters.

Jika undecided voters didefinisikan sebagai pemilih yang belum menetapkan pilihan pada saat survei dilakukan, studi ini mendefinisikan swing voters sebagai pemilih yang sebenarnya sudah memiliki preferensi elektoral kepada salah satu paslon, tapi pilihannya masih bisa berubah.

Semakin besar proporsi undecided voters dalam sebuah survei semakin sulit melakukan prediksi. Swing voters yang terlalu banyak juga menyulitkan prediksi karena volatilitas pilihannya memungkinkan survei pra-pemilu tak sepenuhnya mampu merepresentasikan hasil akhir.

Selain ingin mempresentasikan proporsi swing voters dan undecided voters, studi ini juga berusaha memprediksi arah dukungan dua kelompok pemilih ini.

Download Analisa Swing & Undecided Voters disini.

»  Download File