Follow Us :

Seberapa Jurdil-kah Pilkada Jatim?

22 Oktober 2013  13:56:40 WIB

image courtesy by sindonews

 

Pemilihan Gubernur Jawa Timur sudah berlangsung Agustus lalu. KPU telah menetapkan pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (KARSA) sebagai pemenang. Sementara pesaing terkuatnya, yaitu pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja (BERKAH) harus puas berada di posisi kedua (Grafik 1).

 

Terlepas dari siapa yang menang dan kalah dalam pilkada serta isu-isu yang muncul setelahnya, yang lebih penting lagi adalah bagaimana pemilih menilai sejauh mana pilkada telah berlangsung dengan jujur, bebas, adil, dan rahasia (jurdil). Hasil survei Indikator pasca-pilkada Jatim menunjukkan bahwa mayoritas (60.3%) pemilih menilai bahwa pemilihan Gubernur Jatim “cukup jurdil”. Jika dijumlahkan dengan responden yang menilai “sangat jurdil”, maka angkanya mencapai 74.3%. Artinya penilaian tersebut cenderung positif. Sedangkan yang menilai “kurang jurdil” dan “sama sekali tidak jurdil”  jauh lebih sedikit (8.5%) (Grafik 2).  

 

Jika ditelaah lebih jauh, maka memang yang menilai jurdil kebanyakan adalah pemilih pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (82%) – pasangan yang kita tahu adalah pemenang pilkada. Sedangkan pemilih pasangan calon lain lebih sedikit yang menilai jurdil, meskipun secara umum mereka juga menilai bahwa pilkada Jawa Timur berlangsung jurdil (Grafik 3). –rh

 

*Metodologi Survei:

Survei yang dilakukan pada 10-22 September 2013 ini merupakan survei yang salah satunya bertujuan mengetahui sikap pemilih Jawa Timur terhadap proses dan hasil pilkada Jatim. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih (usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah). Sebanyak 4.504 responden diwawancarai tatap muka oleh pewawancara terlatih dan terdistribusi secara proporsional di 11 Dapil Provinsi Jawa Timur. Penentuan sampel dilakukan dengan cara multistage random sampling dengan margin of error +/-1,5% pada derajat kepercayaan 95%.

 

© indikator.co.id  |  Share : 
Quick Count
Agenda & Press Release
    Twitter Indikator