Follow Us :

Rilis Survei Jawa Tengah

21 Mei 2018  18:16:55 WIB

rilis_21_mei_2018

Banyak politisi dan pengamat yang menautkan pemilu kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2018 dengan pemilu presiden dan pemilu legislatif tahun 2019, dan mengatakan bahwa pilkada akan membawa efek pada pemilu presiden dan pemilu legislatif kelak di tahun 2019.

Pandangan mereka memang tak jauh dari temuan sejumlah riset yang dilakukan oleh para ilmuwan politik yang membuktikan adanya tautan kedua jenis pemilu tersebut – pemilu lokal (pilkada) dan pemilu nasional (pilpres dan pileg).

Tesis-tesis yang mereka kembangkan adalah (1) pemilu tingkat nasional membawa efek pada pemilu lokal, atau (2) sebaliknya bahwa pemilu lokal akan membawa efek pada pemilu nasional, atau (3) keduanya adalah gejala yang paralel dan sebangun (Carsey and Wright, 1998; Atkeson and Partin, 1998; Schakel, 2011).

Pertanyaannya, apakah logika ini memang berlaku di Indonesia, dan sejauh mana kita bisa membuktikannya secara empirik? Pertanyaan berikutnya, mekanisme apa yang menghubungkan kedua jenis pemilu tersebut?

Sejauh mana partai politik, koalisi partai politik, dan isu-isu nasional membawa efek pada pilkada; dan sebaliknya, sejauh mana isu-isu lokal membawa efek pada pilihan politik di tingkat nasional? Adakah paralelitas di antara keduanya?

»  Download File
© indikator.co.id  |  Share : 
Quick Count
Agenda & Press Release
    Twitter Indikator